• Richmond Hartman posted an update 1 year, 2 months ago

    Usaha, itu sudah jelas. Tapi sering juga kita mendengar ada yang tidak bisa menyentuhnya walau sudah berusaha mati-matian. Agak bingung juga seandainya merumuskan tips bagaimana caranya menyentuh Hajar Aswad. Memang butuh keajaiban, namun sejumlah usaha juga menurut saya harus dilakukan. haji furoda , datanglah dini hari di saat pengunjung Masjidil Haram sudah berkurang. Kedua, jika ingin menyentuh Hajar Aswad jangan mendekat tepat dari depan, tapi merapat dari pinggir sebelah kiri dari arah Rukun Yamani, atau merapat dari pinggir sebelah kanan dari arah pintu Kabah. Arah depan Hajar Aswad adalah arah orang yang ingin keluar dari kerumunan. Anda bisa mental di sana. Yang terakhir adalah usaha kita harus dilandasi dengan sikap sabar, ikhlas, banyak bersyukur dan pasrah. Umrah dan haji salah satunya adalah momen dimana kita belajar berserah diri dengan apa yang menjadi kehendak-Nya. Jangan sedikit pun menyimpan rasa kecewa seandainya Allah belum mengizinkan kita menyentuh Hajar Aswad. Toh, tujuan kita datang ke sana adalah untuk mengagungkan Allah.

    Meskipun banyak hotel bintang 5 yang berjarak cukup jauh dari kedua masjid tersebut, misalnya di sekitar bandara atau di kota Jeddah, namun yang dimaksud bintang 5 di sini adalah hotel yang berada di sekitar pelataran masjid. Jika budget memungkinkan, usahakan mendapatkan paket umroh bintang 5 terutama bagi yang sudah lanjut usia dan yang membawa anak-anak. Biasanya dalam satu kamar akan diisi oleh 4 orang untuk umrah reguler atau sering disebut paket Quar. Karena akan melakukan perjalanan dengan tujuan luar negeri, banyak dari para jamaah yang berusaha saling kenal-mengenal dan menyambung tali silaturahmi agar terjalin rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang erat. Tujuan mereka adalah ketika dalam perjalanan dan selama di tanah suci, mereka dapat saling membantu saat menghadapi kesulitan ataupun masalah. Jika mereka sudah pernah berangkat umrah dengan agency umrah, dan mereka merasakan suasana kekeluargaan & kebersamaan yang mendalam, maka mereka bisa saja berangkat kembali dengan travel yang sama di kemudian hari.

    Periksa ulasan dan testimoni dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan jasa travel tersebut untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas layanan dan keamanan yang ditawarkan. Pastikan travel pilihanmu menawarkan fasilitas yang memadai, seperti transportasi yang nyaman, akomodasi yang layak, makanan yang halal dan sesuai dengan selera, serta perlengkapan ibadah. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah. Harga yang terlalu murah bisa menjadi tanda bahwa travel tersebut kurang berkualitas atau tidak aman. Pilih travel yang sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan perjalanan haji dan umroh. Pilih travel yang memberikan pelayanan yang ramah, profesional, dan responsif terhadap kebutuhan dan keluhan jamaah. Sebelum berangkat, pastikan bahwa kondisi fisik kamu dalam keadaan yang baik, sehingga dapat menjalankan ibadah umroh dan haji dengan lancar. Selama perjalanan, terkadang ada situasi yang tidak terduga atau halangan yang menghambat jalannya ibadah. Jika itu terjadi, tetaplah bersikap sabar dan tawakal untuk menjalankan ibadah dengan penuh rasa syukur dan ikhlas. Selama perjalanan, jagalah kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan minum air yang cukup. Hindari makanan yang tidak jelas asal-usulnya atau kurang higienis. Ketiga hal tersebut akan membantu para calon jamaah dalam menjalankan ibadah umroh dan haji agar terhindar dari hal-hal yang kurang menyenangkan. Setelah menyiapkan apa saja yang diperlukan di Tanah Suci, kamu juga harus cermat dalam mencari agen perjalanan atau biro yang amanah dan nyaman.

    Moms tentu perlu menyesuaikan dengan kondisi Moms dan keluarga. Herfiza mengatakan bahwa jika berencana berangkat umroh dan bawa bayi, Moms bisa request baby bassinet kepada pihak travel untuk nantinya disampaikan kepada maskapai. Menurutnya, biasanya, penumpang yang membawa bayi akan diprioritaskan, diberikan tempat duduk paling depan yang tersedia baby bassinet. Dia juga mengingatkan untuk membawa barang-barang yang diperlukan anak-anak di dalam koper/tas yang akan ditaruh di kabin pesawat atau bis. Seperti, popok, susu, tisu basah, baju ganti, obat-obatan, essential oils, mainan, makanan dan cemilan anak-anak. Dengan begitu, semua kebutuhan Si Kecil bisa mudah diakses jika dibutuhkan. Hal penting lainnya yang perlu dipersiapkan adalah mengecek cuaca di sana. Sebelum berangkat, tanyakan kepada pihak travel bagaimana cuaca di sana mengingat Arab Saudi punya cuaca yang cukup variatif. Bisa panas sekali, bisa juga dingin sekali. Saat Januari lalu ketika keluarga Ricky Harun umroh, cuaca di sana sedang dingin. Bila Moms sedang berencana umroh bersama anak, jangan lupa konsultasikan langsung kondisi Moms dan anak-anak dengan dokter dan pihak travel ya!

    Selain pakaian, menjaga akhlak, dan berwudhu juga ada hal penting lain yang perlu diperhatikan. Pimpinan Cabang Hasanah Tour Surabaya Ibu Yulyani atau akrab disapa Ummu Hamas menjelaskan hal-hal teknis yang sering dilupakan para muslimah saat umroh. Mekkah dan Madinah adalah dua kota suci dan juga merupakan negeri tanpa cela. Ummu Hamas mengatakan, saat berada di tanah suci, ada baiknya para muslimah menjaga diri dari maksiat. Berikut 6 tips saat umroh yang diberikan oleh Ibu Yulyani. Saat umroh atau berada di kota suci, Allah Subhanahu wa taala sering memperlihatkan balasan secara langsung kepada orang yang berbuat maksiat. “Disebut negeri tanpa cela karena kesalahan langsung dibalas saat kita berada di kota ini. Termasuk mencemarkan kesucian yaitu ber-ghibah, mencela, dan marah terhadap pasangan, serta merendahkan orang. Kebiasaan sebagian perempuan, khususnya Ibu-ibu di Indonesia, terutama saat berjual beli adalah mencicipi buah atau menambah timbangan sesuka hati. Namun, hal itu sebaiknya tidak dilakukan di Mekkah atau Madinah karena termasuk dalam menjaga adab, walaupun kepada pedagang.